Jumat, 12 November 2010

Tips Mengirim Uang dari Luar Negeri

Apabila kita sedang berada di luar negeri seringkali kita harus mengirimkan uang ke kerabat yang ada di rumah. Ada beberapa cara mengirim uang secara elektronik. Berdasarkan pengalaman saya selama tinggal di Belanda, mengirim uang secara elektronik tidaklah begitu sulit dan relatif aman. Beberapa cara mengirim uang secara elektronik antara lain melalui internet banking, langsung ke bank, titip kepada penyedia jasa pengiriman uang dan melalui lembaga keuangan online.

Mengirim melalui bank, baik internet banking maupun manual transfer bagi saya sedikit merepotkan. Selain bank di Belanda mengenakan biaya yang cukup besar, prosedurnya juga tidak sederhana. Terkadang kalau ada kesalahan maka proses pengurusannya menjadi lebih rumit. Menitip ke penyedia jasa pengiriman uang sedikit lebih mudah namun karena bersifat pribadi maka faktor kepercayaan menjadi sangat penting. Biaya yang dikenakan juga lebih murah bahkan bisa gratis. Kalau orang yang dititipi menjalankan bisnis murni maka semua tergantung dari pilihan kita untuk mempercayainya, namun kalau yang dititipi masih kerabat dekat maka faktor kekeluargaan menjadi lebih penting, jangan sampai merepotkan dan menjadi masalah di kemudian hari. Lembaga keuangan online menjadi alternatif untuk mengirim uang. Beberapa lembaga online yang populer digunakan antara lain Paypal, Western Union dan Moneybookers.

Dari ketiga layanan tersebut, pilihan saya jatuh pada Moneybookers. Paypal saya ber-akun Belanda jadi saya tidak bisa menambah akun bank di Indonesia. Hal ini menyebabkan penambahan (add funds) dan pengiriman uang tidak bisa secara real-time. Western Union mengenakan biaya yang cukup tinggi, apalagi dengan jumlah nominal pengiriman yang kecil, belum lagi penetapan kurs yang merugikan. Moneybookers memberikan kenyamanan dalam hal penambahan dan pengiriman uang. Bagaimana mengirim uang melalui Moneybookers?

Moneybookers adalah sebuah lembaga keuangan maya yang berbasis di Inggris. Reputasinya sangat baik dengan jumlah pengguna dan pergerakan dana yang cukup besar. Seperti halnya Paypal, Moneybookers juga dapat digunakan untuk pembayaran secara online (pulsa, belanja, tiket dll), namun sayang fee yang dikenakan lebih tinggi 5-10 sen (Euro) dibanding Paypal, maka saya hanya memanfaatkannya untuk mengirim uang. Secara singkat, menggunakan Moneybookers untuk mengirim uang adalah sebagai berikut:
  1. Daftar akun baru (personal account) di Moneybookers: https://www.moneybookers.com/onboard/en/register.pl
  2. Tambahkan rekening lokal sebagai akun utama (saya menggunakan ABN Amro sebagai primary account)
  3. Moneybookers akan mengirimkan verifikasi melalui surat tentang tata cara verifikasi nomor rekening dan alamat (2-3 hari), cukup sekali saja.
  4. Setelah verifikasi sukses, transaksi bisa segera dimulai.
  5. Tambahkan rekening bank yang ada di Indonesia sebagai akun yang dituju (saya menggunakan Bank Mandiri sebagai secondary account). Anda akan diminta menambahkan nomor SWIFT yang bisa diperoleh dengan cara mengikuti petunjuk dari Moneybookers atau browsing di website bank yang bersangkutan.
  6. Tambah saldo tabungan Anda di Moneybookers dengan memilih penambahan dana (upload funds) yang tanpa dikenakan biaya. Di Belanda saya menggunakan iDEAL, tanpa biaya dan real-time. Penambahan dana melalui transfer bank memerlukan waktu 2-5 hari sedangkan internet banking, cek atau kartu kredit dikenakan biaya lumayan tinggi: https://www.moneybookers.com/app/help.pl?s=fees
  7. Setelah saldo akun kita bertambah, saat itu juga kita bisa menariknya kembali (withdrawal) dan langsung memilih untuk memasukkannya ke rekening tujuan kita (Bank Mandiri). Biaya penarikan adalah 1.8 Euro untuk maksimal penarikan 350 Euro, lebih dari itu dikenakan biaya 3.5 Euro. Jadi sebenarnya tidak ada transfer, hanya memindahkan uang kita dari rekening utama ke rekening kedua.
  8. Uang akan diterima sekitar 2-5 hari kerja dengan kurs yang fair. Namun tetap saja bank di Indonesia terkadang mengenakan biaya administrasi.
Kemudahan bertransaksi adalah pilihan utama saya. Kurs dan fee menjadi pertimbangan berikutnya. Moneybookers bisa digunakan sewaktu-waktu, terutama saat kebutuhan mendesak ataupun saat nilai kurs sedang bagus. Kita tidak perlu repot datang ke bank, mencolokkan token untuk internet banking atau menghubungi orang untuk mengirimkan uang kita. Selanjutnya, terserah Anda...

31 komentar:

  1. Pak Prastowo,
    Ini articlenya very useful dan handy.
    Tapi saya belum terlalu mengerti bagaimana penerima uang di Indonesianya menarik uangnya?
    Pak ada no hp di Belanda untuk saya hub untuk tanya dikit? Saya baru pindah ke Den Haag bulan lalu, jadi maklum masih baru banyak bingungnya...

    Thanks and regards
    Henny Wu

    BalasHapus
  2. Anda harus mendaftarkan rekening yang akan dituju di Indonesia (lihat point 5). Untuk daftar SWIFT kode bisa dilihat di postingan saya tentang SWIFT.
    Begitu Anda menarik uang ke rekening tujuan, otomatis uang akan masuk dan bisa ditarik seperti tabungan biasa di Indonesia (ATM, kasir dll).
    Semoga membantu.

    Regards.

    BalasHapus
  3. Pak Prastowo

    Thanks for the information. Will try soon.

    Have a good day!

    Kind regards,
    Henny Wu

    BalasHapus
  4. Pak Prastowo halo

    Saya baru aja nyoba lwt ideal send ke money bookers account saya. Saya pakai rekening ABN Amro jg. Rekeningnya uda kepotong tapi kog saldo account money bookers saya belum ada balancenya, masih nil. Bukannya pake ideal itu real time pak? Kira2 ada masalah apa ya pak?

    Bisa tlg bantu pak...thanks

    BalasHapus
  5. Apakah account Anda sudah diverifikasi oleh Moneybookers? Anda akan dikirimi surat untuk proses verifikasi.

    Silahkan cek di history transaksi terlebih dahulu (My Account --> History) apakah transaksi Anda telah tercatat.

    Pengalaman saya berkali-kali menggunakan iDeal adalah real time.

    Kemungkinan bisa juga adanya delay pada sistem koneksi mereka.

    Keluhan tentang kegagalan transaksi: login --> Email support (list menu di kiri) --> Deposits --> Deposits via iDeal --> pilih keluhan sesuai masalah Anda.

    Semoga membantu.

    BalasHapus
  6. pak ,saya mau nanya nih.
    sayya upload ke MB melalui BNI dengan kurs USD,
    tapi saya kirim ke german.
    setelah saya kirim baru saya lihat kalo ternyata kirim via usd ada rekening tersendiri dari MB.
    apakah uang saya akan sampek acc MB saya pak?

    pranata8861@yahoo.co.id

    BalasHapus
  7. sepengetahuan saya uang tetap akan terkirim namun jumlahnya akan tergantung mata uang utama dalam account MB anda karena ada konversi dan fee.

    BalasHapus
  8. pak saya punya akun mb sudah diverivikasi dan akunnya atas nama saya, kemarin sy witdraw ke bank bri tapi rekeningnya atas nama istri. sudah 4 hari blm ada saldo masuk. sebelumnya sy melihat artikel yng mengatakan yng penting no rek dan swiftnya benar tapi dia tdk menerangkan atas namanya harus seuai, mohon pencerahannya pak. apakah uang sy akan kembali k saldo mb bila proses gagal? terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada masalah akun atas nama siapa saja boleh asalkan akun tujuan tersebut sudah didaftarkan. Uang akan kembali apabila gagal transaksi.
      Terima kasih.

      Hapus
  9. pak, apakah ada jasa pengiriman uang lewat orang dengan tarif lebih murah? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya jasa pengiriman lewat orang memang ada yang lebih murah, pengalaman saya biasanya mereka meminta fee sekitar 25 ribu. Namun saya kurang tertarik karena masalah kepercayaan dan ribet karena kita harus menghubungi orang ybs, menitipkan uang/mentransfer dan mengkonfirmasi (tentu memakan waktu:)

      Hapus
  10. sy di jerman, sudah bikin account MB nya dan sudah verifikasi pak.sy mau kirim uang pke withdraw.. nah utk transfer ke indonesia sy pake account kakak sy yg namanya ats nama dia. bagaimana verifikasinya.

    BalasHapus
  11. sy di jerman, add akun bank indonesia tp akunnya yg punya ibu saya. bagaimana verifikasinya pak? trm kash tipsnya menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Verifikasinya sama saja melalui surat ke alamat yang didaftarkan. Tks.

      Hapus
  12. Pak, saya mau tanya kemarin kakek saya mau kirim ke rekening mandiri saya.. sudah saya tanya sama CS mandirinya dan sudah diberikan SWIFT code nya tapi kake saya bilang swift code nya kurang..
    trus ap lebih baik uang yg dikirim berbentuk apa? dollar, euro atau rupiah?
    terima kasih. di tunggu jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek lagi kode BIC di website resmi SWIFT http://www.swift.com/bsl/index.faces;DIRECTORIES=nymCNV1cVQHPG3pNqN2QqLJLZQyy9p1Zk1LKQNbM2NKf223rBP9q%21-1073959624, siapa tahu ada update kode.

      Hapus
  13. Pak VF Prastowo, saya mau tanya, teman saya ada d Belanda, dia berencana mau ngirim uang ke saya. sementara posisi saya sekarang di indonesia dan saya punya acc di bank BCA. bagaimana cara ngirim uang dari Belanda yang efektif dan efisien? info tambahan teman saya di Belanda kemungkinan besar belum punya acc bank di Belanda, karena dia di sana hanya sementara waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum punya akun di Belanda lebih baik dikirim melalui jasa pengiriman uang seperti Moneygram dengan biaya jasa yang lumayan tinggi.

      Hapus
  14. Pak, mohon informasinya terkait pengiriman uang. Posisi saya sekarang di Belanda. Saya mau mengirimkan uang ke isteri saya di Indonesia (Bank BNI), jika saya mengirimkan melalui MB menggunakan mata uang Euro, apakah nanti ketika sudah diterima di rekening isteri saya (Bank BNI) apakah sudah otomatis konversi ke rupiah atau masih dalam bentuk Euro?
    Terima kasih atas pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uang diterima langsung dalam nominal rupiah dengan kurs yang cukup fair menurut saya.

      Hapus
  15. malem pak, saya saat ini di belanda dan pake abn amro juga.. sangat menarik artikel ini. saya mau coba daftar tapi kayaknya saat ini MB sedang ada perbaikan sistem. jadi tertarik belajar dulu. untuk soal nomor swift bank di indonesia itu cuma BCA saja yaa pak yg cuma pake satu kode untuk semua cabang. klo mandiri misalnya kayaknya ada bnyak. kira2 kalo nomor swift kita salah masukinnya gimana ya pak? misal cabang jakarta utara, tapi kita masukinnya jakarta pusat gitu.. tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya yang paling aman adalah memilih nomor SWIFT di bank pusatnya saja

      Hapus
  16. Pak saya mau tanya kebetulan suami saya di laur ngri mengeluhkan tingginya biaya pengiriman melalui western union. Kemudian beliau menyarankan saya utk mempelajari paypal, sya diindonesia mencoba mendafrtar paypal knp hrus memikiki kartu kredit ya..? Padhl saya memliliki rek. bri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya fungsi link ke kartu kredit/debit tidak mutlak diperlukan. Hal itu hanya salah satu cara untuk mempermudah transaksi pengisian, pembayaran dan penarikan.

      Hapus
  17. Mas Hendro, artikelnya sangat menarik dan membantu banget. Saya jadi ingin daftar ke MB tapi sekarang namanya ternyata sudah ganti jadi "Skrill." Apakah lembaga keuangan yang baru ini juga memberika service yang sama bagusnya? Terima Kasih sebelumnya, Eka Tanjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus terang saya belum pernah menggunakan Skrill yang merupakan rebranding dari Moneybooker sejak 2013. Tetapi secara sepintas kelihatanya masih menawarkan fitur standard. Kelebihannya adalah memperluas jaringan pembayaran online. Sebagai tambahan bisa dilihat di http://techcrunch.com/2010/11/16/moneybookers-to-rebrand-as-skrill-hopes-to-become-a-verb/

      Hapus
  18. Sekarang ada opsi lain untuk mengirimkan uang ke Indonesia yaitu pake BNI. FYI.

    BalasHapus
  19. Pak Prastowo, saya mau bertanya apakah MB ini bisa dipakai untuk transfer uang dari China? Karena pada saat saya buka Skrill ini tidak terdaftar currency mata uang China nya. Mohon informasinya.

    BalasHapus
  20. om, mau tanya. apakah klo kita transfer dari akun MB ke bank lokal ada potongan 25$ seperti wire transfer??

    BalasHapus
  21. mas saya mau tanya posisi saya sekarang ada di china dan ada nomor rekening icbc banknya china dan rencana mau kirim uang dalam yuan ke isteri saya yang ada rekening bank bni di pulau kalimantan apakah nantinya isteri saya menerima dalam bentuk yuan atau langsung kurs rupiah

    BalasHapus
  22. Mohon maaf berhubung Moneybookers berubah menjadi Skrill saya tidak update lagi..apalagi saya sudah pulang ke Indonesia tercinta :)

    BalasHapus

Bantuan Peta

Anda Berkunjung Dari