Jumat, 29 Oktober 2010

Tips Wisata Hemat di Belanda

Belanda adalah sebuah negara kecil di Eropa yang mempunyai kepadatan penduduk paling tinggi di benua itu. Tempat-tempat wisata di Belanda pada umumnya mengandalkan wisata kota tua yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern. Kota-kota besar utama di Belanda yang menjadi favorit tujuan wisata antara lain: Amsterdam, Deen Haag, Rotterdam dan Utrecth. Beberapa kota kecil lain seperti Eindhoven, Groningen dan Maastricht mempunyai daya tarik tersendiri namun harus meluangkan waktu khusus untuk mengunjunginya.

Tips wisata ini berlaku saat sudah tiba di Belanda terutama bagi mereka yang tinggal di Belanda untuk waktu yang relatif lama (lebih dari sebulan). Tips ini juga berlaku bagi mereka yang ingin menikmati perjalanan secara mandiri dengan fasilitas yang standard tetapi tetap nyaman. Kenapa wisata hemat? karena sebenarnya bagi backpaker atau mahasiswa, berwisata di Eropa bisa dilakukan dengan biaya yang tidak terlalu mahal dengan memangkas pengeluaran yang tidak perlu, tidak seperti wisata keluarga atau paket-paket wisata lain yang memang lebih mementingan fasilitas, kemewahan dan kenyamanan. Apa saja yang perlu dilakukan?

1. Pilihlah kereta api
Kereta api adalah moda transportasi paling efisien di Belanda. Semua kota di Belanda sampai yang kecil sekalipun sudah terjangkau oleh layanan kereta api. Jadwal kereta api sangat lengkap di website: www.ns.nl.


Perhatian: jadwal kereta api kadang berubah, pemberitahuan sebelumnya biasanya ada di website tetapi tidak jarang diberitahukan saat di perjalanan dengan bahasa BELANDA!. Bertanyalah pada petugas kereta api atau penumpang lain apabila ada pengumuman mendadak yang tidak kita mengerti, pada umumnya mereka bisa berbahasa Inggris dan bersedia membantu. 


2. Carilah tiket diskon kereta api
Ada 7 jenis tiket diskon kereta api: 


1. Kartu diskon; apabila tinggal lama di Belanda, bisa aplikasi kartu ini selama 1 tahun, akan mendapat diskon 40% setiap kali naik (berlaku juga untuk maksimal 3 orang pengikutnya) 


2. Kruidvat; tiket diskon yang dikeluarkan oleh sebuah toko bernama "Kruidvat" seharga 12,5 Euro dan berlaku untuk satu orang perjalanan sepanjang hari ke seluruh Belanda pada hari Sabtu-Minggu dan hari libur yang ditetapkan. Tiket ini biasanya keluar 2 periode selama satu tahun. Banyak-banyaklah membeli untuk persediaan karena biasanya cepat habis. 


3. Blokker; tiket diskon yang dikeluarkan oleh sebuah toko bernama "Blokker" seharga 30 Euro dan berlaku untuk dua orang perjalanan sepanjang hari ke seluruh Belanda pada hari Sabtu-Minggu dan hari libur yang ditetapkan dan hari kerja setelah jam 9 pagi. Tiket ini biasanya keluar satu periode selama satu tahun. 


4. Albert Heijn; tiket diskon yang dikeluarkan oleh sebuah toko bernama "Albert Heijn" seharga 13,5 Euro dan berlaku untuk satu orang perjalanan sepanjang hari ke seluruh Belanda pada hari Sabtu-Minggu dan hari libur yang ditetapkan dan hari kerja setelah jam 9 pagi. Tiket ini biasanya keluar satu periode selama satu tahun.


5. Intertoys; toko ini juga mengeluarkan tiket yang sejenis dengan Albert Heijn.


6. Hema; toko lain yang mengeluarkan tiket diskon sejenis dengan Albert Heijn dan Intertoys 


7. My City Deal; tiket diskon yang ditawarkan di situs online "My City Deal" seharga rata-rata 10 Euro dan berlaku untuk satu orang perjalanan sepanjang hari ke seluruh Belanda pada hari Sabtu-Minggu dan hari libur yang ditetapkan dan hari kerja setelah jam 9 pagi. Tiket ini biasanya keluar sewaktu-waktu, tetapi peminat harus mendaftar dulu menjadi anggota My City Deal. 


Perhatian:Ketujuh pilihan itu tersedia secara bergantian sepanjang tahun, jadi tidak perlu khawatir mau pilih yang mana. 


3. Cermat menentukan jadwal perjalanan
Perjalanan di Belanda dapat dilakukan kapan saja, tidak perlu menunggu musim, kecuali menginginkan moment-moment tertentu seperti festival, musik atau olahraga. Kota-kota di Belanda berjarak tidak terlalu jauh, antara 1-2 jam saja. Untuk berwisata di hari Sabtu-Minggu, persiapkan jadwal untuk beberapa kota sekaligus. Sebagai contoh dalam satu hari kita bisa berangkat pagi (8.00) menikmati banyak kota sekaligus: Utrecht-Amsterdam-Harleem atau Den Haag-Leiden-Delft-Rotterdam dan pulang malam (21.00). Kalau ingin berwisata dengan tema tertentu: shooping, konser atau olahraga sebaiknya cukup fokus ke tempat yang dituju. 


Perhatian: Lengkapi jadwal perjalanan dengan jadwal kereta api, jangan sampai kehabisan kereta malam karena pada akhir pekan kereta tidak berjalan penuh. 


4. Bawalah bekal makanan
Makanan di Belanda termasuk mahal (tetapi penduduknya pelit:). Makanan paling terjangkau adalah patat (kentang goreng) dan sandwich. Jangan sungkan membawa makanan sendiri. 


5. Tidak perlu menginap
Hotel di Belanda sangat mahal. Manfaatkan waktu sehari penuh untuk jalan-jalan. Bila masih belum puas jadwalkan lagi untuk akhir pekan berikutnya. 


6. Berjalan kaki
Nikmati wisata dengan berjalan kaki. Tidak perlu membeli tiket lanjutan untuk menikmati kota-kota di Belanda (kecuali tempat yang dituju relatif jauh dari kota). Hanya perlu 2-3 jam untuk menghabiskan waktu di satu kota. 


Perhatian: Bawalah peta kota untuk mempermudah perjalanan. 


Nah..mudah kan, dengan berhemat kita bisa menyisihkan uang saku untuk membeli oleh-oleh atau souvenir. Selamat berwisata!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bantuan Peta

Anda Berkunjung Dari